Breaking News

Bantu Kami Wujudkan Eliminasi Malaria di LOBAR Tahun 2024

Bantu Kami Wujudkan Eliminasi Malaria di LOBAR Tahun 2024 

Lombok Barat, Clickfakta.com - Indonesia merupakan negara dengan beban malaria kedua terbanyak di kawasan WHO Asia Tenggara, sesudah India. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan sedang berjuang mengeliminasi atau menghilangkan atau membebaskan diri dari penyakit malaria di seluruh daerah. 


Pada tahun 2021 ada 347 kabupaten di Indonesia yang sudah mengeliminasi malaria. Targetnya pada 2028 seluruh kabupaten dan 2029 seluruh propinsi Indonesia mencapai status eliminasi malaria. "Sehingga 2030 Indonesia dapat dinyatakan sebagai negara dimana malaria sudah tereliminasi.


Di Provinsi NTB beberapa kabupaten/kota sudah menyatakan diri terbebas dari Malaria, namun masih  ada juga yang belum eliminasi malaria.


Kabupaten Lombok Barat termasuk kabupaten yang belum terbebas dari penyakit malaria, karena di beberapa desa endemis malaria  masih ditemukan kasus penyakit malaria di tengah masyarakatnya. Dari data yang ada saat ini sampai dengan Maret 2023 di Lombok Barat tercatat masih terdapat 35 kasus malaria. 


Untuk itu Pemerintah Kabupaten Lombok Barat melalui  Dinas Kesehatan sedang berjuang memberikan teraphi pengobatan terhadap 35 kasus malaria tersebut dan  mengupayakan pencegahan agar tidak terjadi penularan dan terajdinya kasus baru malaria. harapannya  agar  Lombok Barat ini terbebas dari malaria dan bisa mendeklarasikan diri sebagai daerah yang telah tercapai Eliminasi Malaria  pada Tahun 2024 nanti.


Penyakit Malaria dapat ditularkan melalui gigitan Nyamuk Anopheles. Gigitan nyamuk Anopheles tersebut akan menyebabkan parasit malaria masuk ke dalam tubuh manusia, kemudian menetap di organ hati sebelum menyerang sel darah merah.


Untuk itu diperlukan dukungan dari semua lintas sektor terkait dan seluruh masyarakat Lombok Barat untuk mencegah penulaan malaria, dengan menghindarkan diri dari gigitan Nyamuk tersebut, yakni melalui Penggunaan Kelambu Tidur dan penggunaan beberapa obat anti Nyamuk baik, lotion maupun obat semprot anti nyamuk.


Yuuk.! 

Wujudkan Lobar Eliminasi malaria di tahun 2024.

Gunakan Kelambu saat Tidur.


(Clickfakta.com/Red) 

0 Komentar

 


 



Advertisement

Type and hit Enter to search

Close