Breaking News

Pecahkan Rekor Muri, Sebanyak 2023 Orang Ikut Festival Begawe Jelo Nyesek.

 

Lombok Tengah, Clickfakta.com - Sebanyak 2023 orang dari berbagai kalangan usia, perempuan penenun warga desa Sukerara mengikuti acara Begawe Jelo Nyesek, di Dusun Dasan Baru, Desa Sukarara, Lombok Tengah,  sekaligus pemecahan rekor MURI, Sabtu (8/7/2023). 

Terpisah Kepala Desa Sukerara H. Saman menuturkan bahwa event begawe jelo nyesek ini merupakan agenda tahunan dari Pemerintah Desa Sukerara yang di hajat kan untuk melestarikan seni dan budaya, meningkatkan kunjungan wisatawan guna meningkatkan perekonomian. 

Sebelum puncak acara begawe jelo nyesek dan pencatatan rekor MURI, oleh Panitia  terlebih dahulu digelar berbagai aktraksi Seni dan budaya, antara lain peresean,  begandrungan, Bepaosan, begawe ngendang, Kesenian Jaran Kamput dan Fashion show pakaian adat Sukerara, Kata Ketua Panitia L. Samsul 

Bupati Lombok Tengah H. L. Fathul Bahri mengatakan event begawe jelo nyesek ini bakal terus dilestarikan dan ditingkatkan dengan memasukkannya ke kalender event Lombok Tengah.

"Kami memasukkannya ke kalender event Lombok Tengah agar anak-anak muda kita tahu apa maksud dan tujuan dari orang tuanya mengenai tenun dan menenun ini," ungkapnya

Dikatakannya juga  kegiatan ini merupakan sarana promosi pariwisata NTB dan khususnya Lombok Tengah. Juga sekaligus untuk menghidupkan UMKM serta memberikan daya dorong untuk peningkatan perekonomian Daerah.

Tenun ini bukan hanya sekedar pakaian, tapi juga  budaya dan potensi ekonomi yang bisa menggerakkan ekonomi warga, ungkapnya 

Kita bangga dan apresiasi bahwa  dengan alat yang sangat sederhana perempuan Sukerara mampu dan bisa menghasilkan, menciptakan karya karya seni yang  luar biasa indahnya.

Kapolsek Jonggat AKP Bambang Sutrisno yang dikonfirmasi media mengatakan pelaksanaan begawe jelo nyesek sejak hari pertama hingga hari puncaknya mendapatkan pengawalan dan pengamanan dari Polres, Polsek Jonggat  yang  berjalan dengan aman.

Total personil yang kita libatkan dalam pengamanan begawe jelo nyesek hingga saat puncak acara sebanyak 40 personil, ungkap Babe sapaan Akrab Kapolsek Jonggat. 


(Clickfakta.com/Red)

0 Komentar

 


 



Advertisement

Type and hit Enter to search

Close