Breaking News

Dinas Pariwisata NTB Gelar Bimbingan Teknis Sustainable Tourism

 

Mataram NTB, Clickfakta.com- Untuk membangun Pariwisata provinsi Nusa Tenggara Barat lebih diminati wisatawan mancanegara, Dinas Pariwisata NTB menggelar Bimbingan teknis pengelolaan Pariwisata Berkelanjutan (Sustainable Tourism) Dinas pariwisata Provinsi NTB bertempat di Hotel Lombok Plaza Mataram selama dua hari pada 14-15 Agustus 2023.

Direktorat Pengembangan SDM Pariwisata Bapak Surane mengatakan dalam paparannya kegiatan bimbingan tekhnis ini merupakan Program perbantuan oleh pusat yang disebar di seluruh Indonesia, program ini merupakan peran pemerintah pusat dan komitmen bagi Daerah Super Prioritas salah satunya pulau Lombok. 

Bimtek ini dalam rangka membangun pariwisata tidak hanya berbasis pada pendapatan dan kesejahteraan tetapi  prinsip-prinsip yang bertanggung jawab pariwisata keberlanjutan memperhatikan tiga prinsip diantara sosial budaya, ekonomi dan alam sekitarnya. 

"Jangan hanya berdasar prinsip pendapatan saja tetapi juga mendahulukan prinsip yang lainnya" Paparnya

Adapun Tiga prinsip pengembangan pariwisata keberlanjutan harus diterapkan dalam membangun pariwisata, ketika salah satu diantaranya cacat maka pembangunan pariwisata itu dinilai gagal, karena tiga prinsip itu harus diterapkan kalau kembali melihat sejarah inisiatif pembangunan pariwisata keberlanjutan sudah dirintis sejak tahun 1980an prinsip-prinsip keberlanjutan. 

Perlu diketahui Pada tahun  2021 organisasi pariwisata dunia dalam buku  the guaed book for

Sustainable Tourism development on tourism dituliskan tentang pengembangan pariwisata keberlanjutan.

Dengan buku itu Lombok menjadi perhatian  pertama setelah munculnya pedoman pengembangan destinasi keberlanjutan dibidang pariwisata salah satunya contoh adalah destinasi Rinjani.

"Dalam pengembangan pariwisata keberlanjutan ada empat pilar dalam pengembangan pariwisata yaitu Manajemen pengelolaan keberlanjutan, ekonomi keberlanjutan, sosial budaya keberlanjutan dan konservasi  lingkungan," Pungkasnya 

Bukan hanya itu, Kadis pariwisata Provinsi NTB Jamaluddin Maladi mengatakan bahwa Pariwisata berkelanjutan sangat penting, supaya pelaku Desa Wisata, Pokdarwis semua yang menjadi garda terdepan tentunya ada di Desa. Ini kita buat kegiatan dari Dana Pemerintah Pusat di NTB atau Lombok, karena Destinasi Pariwisata super prioritas dan ini harus dipertahankan.

" Dari Sepuluh, ada Lima super prioritas yang harus dijaga, sehingga jika ada yang belum pengetahuan tentang Pariwisata itu bahwa anggap Destinasi milik anak cucu kita dan jaga

Supaya berkelanjutan," jelas Jamaludin

Kadis pariwisata menambahkan, dirinya selaku sangat berterimakasih kepada Kementerian Pariwisata Ekonomi kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno yang sudah memberikan program ini di Dinas Pariwisata NTB Lombok seluruh Indonesia.

" Kami berharap kedepan, karena dana cukup jauh, jadi masih banyak teman pariwisata yang belum memiliki sertifikat namun kita tetap berterimakasih kepada Menteri Pariwisata," Pungkasnya

Di Provinsi NTB memiliki belasan Even internasional termasuk Asean, Rotris Champions ship, MotoGP pada bulan Oktober sehingga orang di seluruh Dunia akan berdatangan, ini salah satu tujuan dibinanya Desa wisata.

" Ini juga sebagai ajang silaturahmi dengan Pokdarwis, dan ADWI saat ini berjumlah 99 di NTB yang di SK Gubernur, tentunya juga sudah ada yang Mandiri dan berkembang sambil terus melakukan pembinaan, terpenting akomodasi Hotel banyak menginap dan di kemping ground, namun ketika ada ADWI sudah siap homestay, namun harus bersih dan saya  yakin pasti tamu dari Mancanegara banyak datang ke NTB," Tutupnya.


(Clickfakta.com/Red)

0 Komentar

 


 



Advertisement

Type and hit Enter to search

Close