Breaking News

KADER POSYANDU DIBEKALI PENGETAHUAN TENTANG PENCEGAHAN HIV-AIDS

 

Lombok Barat, Clickfakta.com - Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Lombok Barat mengajak para Kader Posyandu di Lombok Barat, berperan aktif dalam  Pencegahan HIV-AIDS di masyarakat. Untuk itu diselenggarakan pembekalan kepada 60 orang Kader Posyandu, tentang Pencegahan HIV-AIDS, di aula Dinas Kesehatan Lombok Barat pada Selasa (26/9/2023).

Kabid P3KL Dikes Lobar dr. H. Ahmad Fathoni dalam sambutannya  saat membuka acara tersebut mengatakan, bahwa kader adalah tumpuan kesehatan masyarakat. Kader dan nakes sama-sama penting, karena keberadaan Nakes tanpa di dukung oleh Kader akan pincang, ungkapnya.

Peran kader sebagai penggerak dan sebagai penyuluh di masyarakat, sehingga kader perlu diberikan materi singkat tentang HIV AIDS, untuk dibawa sebagai materi penyuluhan kepada masyarakat, pungkasnya. 

Dalam kesempatan yang sama Sekretaris KPA AIDS Lobar H.Junaidi mengungkapkan, saat ini masih sering terjadi diskriminasi dan penderita HIV AIDS sering di kucilkan. Harapannya setelah kegiatan ini Para Kader dapat menyampaikan cara penularan dan pencegahan HIV AIDS kepada masyarakat melalui edukasi di Posyandu Keluarga. 

Hadir sebagai pemateri Ns. I Made Santiana,S.Kep.,MM selalu Koordinator Surveilans Pencegahan Penyakit, menyampaikan paparan seputar HIV AIDS dan Pencegahannya. Juga Koordinator Promkes Muhammad Zainudin,SKM. memaparkan tentang optimalisasi langkah keempat Posyandu Keluarga, sebagai wadah untuk memberikan Edukasi dan Penyuluhan kepada sasaran, terkait Pencegahan Penyakit mematikan tersebut.

Di akhir acara Sekretaris KPA AIDS mengatakan, kegiatan ini sebagai wujud  Rencana Aksi Daerah (RAD) dalam Pencegahan dan Penanggulangan AIDS, yang diatur dalam Peraturan Bupati Lombok Barat Nomor 43 Tahun 2022. Semoga para kader dapat melaksanakan amanah ini, tutupnya.

(Clickfakta.com/Red)

0 Komentar

 


 



Advertisement

Type and hit Enter to search

Close